Pengantar Pemrograman Berorientasi Objek

TheHeran.com/ July 29, 2014/ Java Documentation/ 0 comments

Selamat Pagi Readers! Salam SEMANGAT!:)

Edisi kali ini akan membahas tentang pemrograman berorientasi objek (PBO) yang merupakan inti dari bahasa pemrogaman java. Pda perkembangannya, PBO menggantikan pemrograman terstruktur karena memiliki kelebihan dalam menangani permasalahan yang kompleks dalam pembangunan sebuah aplikasi/program. 

Dengan memahami konsep PBO maka dalam pembuatan aplikasi java baik itu berbasis web, dekstop maupun mobile akan lebih mudah. Nah, Apa sebenarnya PBO tersebut? mengapa sangat penting mengetahui konsep ini terlebih dahulu?. Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan di jelaskan seperti yang ada di bawah ini:

PBO atau pemrograman berorientasi objek adalah sebuah konsep pemrograman yang berorientasikan pada objek dimana dari semua atribut, method atau fungsi di bungkus dalam suatu objek. Dari masing – masing data atau pun fungsi tertentu dapat saling berinteraksi dan dilakukan melalui sebuah objek. Ada sebuah konsep dasar  yang paling populer dalam PBO yaitu Class dan object. Kedua istilah ini saling berhubungan satu sama lain. Selain dua konsep dasar tersebut masih banyak yang lainnya. Seperti yang tertera pada pada Wikipedia :

Konsep dasar PBO adalah kelas, objek, Abstrak, enkapsulasi dan polimorfisme  – Wikipedia

Class merupakan sebuah wadah yang menyimpan karakteristik atau prosedur untuk tujuan tertentu. Misalkan ada namanya kelas ‘Buah’ yang mempunyai karaktersistik nama buah, warna buah, rasa buah,ukuran buah dll. Sedangkan Object merupakan data-data yang mendefinisikan karakteristik khusus dari objek itu sendiri, object juga merupakan keturunan dari Class, sebuah object juga dapat menambahkan karektersistik khusus yang belum terdapat pada Class yang mendefinisikan dirinya sebelumnya. Didalam satu kelas dapat menampung beberapa object yang berbeda.theheran.com

Contohnya dari kelas ‘Buah’ tersebut maka pada object yang dapat terbentuk adalah object ‘Buah mangga’ yang memiliki warna kuning, rasa manis dan ukuran sedang. Pada object ‘Buah salak’ memiliki warna coklat, rasa sepet dan ukuran sedang.

Kesimpulannya adalah, PBO mempunyai andil yang sangat besar dalam pembangunan sebuah aplikasi berbasis java terbelih lagi untuk aplikasi yang mempunyai skala yang sangat besar. Oleh karena itu sudah wajib hukumnya untuk mempelajari sebuah konsep dasar dari Pemrograman Berorientasi Objek sebelum membangun aplikasi berbasis java.

Sekian dulu readers pengantar PBO kali ini. Sampai jumpa 🙂

Salam Hangat

@the_heran | @ade_girie

Comments

comments

Leave a Reply